Indonesia

Suporter Berulah, Komdis Jatuhkan Sanksi Denda 100 Juta ke Persib Bandung

Suporter Persib

Jurnalsepakbola.com – Kabar kurang mengenakan datang dari Persib Bandung. Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada Persib Bandung terkait tingkah laku buruk dari suporternya.

PSSI menjatuhkan sanksi menyusul pelanggaran kode disiplin yang dilakukan bobotoh saat duel Persib vs PS Tira, Maret lalu. Kali ini tim Maung Bandung didenda Rp100 juta.

Dalam hasil sidang Komdis pada 3 April 2018 lalu, Fakta pertama yang mendasari sanksi tersebut adalah adanya suporter yang terbukti menyalakan suar dan bom asap. Selain itu, ditemukan juga aksi pelemparan kemasan air mineral ke dalam lapangan.

Akibat kejadan itu, manajemen Persib diwajibkan untuk membayar denda selambat-lambatnya 14 hari setelah diterimanya keputusan.

Komdis juga menegaskan tak segan untuk menjatuhkan sanksi lebih berat kepada Persib jika ulah Bobotoh kembali terjadi di masa mendatang.

Hasil sidang Komdis PSSI lainnya memutuskan gelandang Bali United, Nick van der Velden, dihukum larangan bermain sebanyak dua pertandingan. Pemain asal Belanda itu terbukti mengangkat kaki terlalu tinggi yang menyebabkan lawannya terjatuh dan mendapat perawatan saat membela timnya melawan PSMS Medan pada pekan pertama Liga 1.

Selain Van der Velden, Komdis PSSI juga membahas nama pemain Bali United lainnya dalam sidang perdana di musim ini. Beruntung, I Made Andhika Wijaya hanya mendapat teguran alih-alih sanksi bertanding

Meski demikian, Komdis tetap membuka jalur banding sebagaimana tercantum pada Pasal 119 Kode Disiplin PSSI.

Panitia pelaksana pertandingan Persib tetap mengimbau kepada bobotoh untuk menampilkan aksi kreatif dan menghibur ketimbang menyalakan suar atau hal lain yang dilarang regulasi.

Musim lalu Persib tercatat sebagai klub yang paling banyak terkena sanksi dari berbagai macam pelanggaran. Total denda lebih dari Rp1 miliar harus dibayarkan Persib kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Berita lainnya