Connect with us

Piala Dunia

Perkuat Timnas Australia, Gelandang keturunan Indonesia ini Akan Tampil di Piala Dunia 2018

Terbit:

pada

Massimo Luongo

Jurnalsepakbola.com – Pemain gelandang Massimo Luongo dikabarkan masuk dalam daftar skuat Timnas Australia yang akan dibawa ke Rusia untuk tampil di Piala Dunia 2018.

Sekilas memang tidak ada yang menyangka, bahwa pemain sepakbola bernama Massimo Luongo ini ternyata memiliki darah keturunan Indonesia. Sebab, dilihat dari namanya nama tersebut merupakan identik dengan nama pemain asal Italia.

Massimo Luongo lahir di Sydney pada tanggal 25 September 1992. Ibunya berasal dari indonesia bernama Ira Luongo sedangkan ayahnya bernama Mario Luongo berasal dari italia.

Sebagai catatan, Ibunda Massimo Luongo yang bernama Ira ini merupakan putri dari Sultan Bima dan Dompu, AA Sirajuddin. Oleh karena itu Massimo Luongo juga dikenal sebagai pemain yang memiliki darah ningrat. Sebab, kakeknya yang bernama AA Siradjudin merupakan Sultan dari Kerajaan Bima dan Dompu di Pulau Sumbawa.

Luongo sendiri diketahui merupakan jebolan dari Tottenham Hotspur. Ia pertama kali bermain di Tottenham U18 sebelum akhirnya diminta memperkuat Tottenham U21. Dari akademi klub tersebut, ia mampu memberikan penampilan yang gemilang di klubnya saat ini, Queens Park Rangers.

Keikutsertaan Luongo di Piala Dunia 2018 ini merupakan edisi kedua buat Massimo Luongo. Sebelumnya, Luongo sempat membela timnas negaranya itu di ajang Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil. Dan tahun ini, ia kembali diandalkan untuk memperkuat lini tengah timnas negeri kangguru tersebut.

“Merasa terhormat bisa terpilih untuk berangkat ke Piala Dunia lagi,” kicau Massimo Luongo dalam aku Twitter-nya.

Sejak memulai debut pada 5 Maret 2014, Massimo Luongo sejauh ini sudah tampil dalam 35 pertandingan dan mencetak lima gol untuk tim berjuluk Socceroos itu.

Piala Dunia

7 Fakta Jelang Laga Kolombia vs Jepang Piala Dunia 2018

Terbit

pada

Jurnalsepakbola.com – Timnas Kolombia layak menjadi salah satu tim kuda hitam di Piala Dunia 2018. Kehadiran pemain-pemain berkelas macam James Rodriguez dan Radamel Falcao membuat Kolombia layak ditakuti.

Sementara itu timnas Jepang bakal kembali mencoba mengharumkan nama Asia yang masih sering dianggap remeh di ajang Piala Dunia.

Berikut tujuh fakta menarik jelang laga timnas Kolombia lawan Jepang pada laga perdana Piala Dunia 2018 ini:

1. Kolombia tak terkalahkan melawan Jepang. Tiga laga sebelumnya berakhir dengan dua kemenangan dan satu hasil imbang.

2. Jepang tidak pernah mengalahkan wakil Amerika Selatan di ajang Piala Dunia.

3. Kolombia dan Jepang sama-sama bakal tampil di Piala Dunia keenam dalam sejarah mereka di dunia sepak bola.

4. Jepang hanya meraih satu kemenangan dalam lima laga pembuka di Piala Dunia.

5. Jose Pekerman berhasil mengantar dua tim yang dilatihnya ke perempat final pada dua kesempatan sebelumnya. Dua tim yang diantar Pekerman adalah Argentina pada Piala Dunia.

6. Bintang Kolombia, James Rodriguez merupakan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2018. Namun rekor gol terbanyak di timnas Kolombia masih jadi milik Radamel Falcao (29 gol).

7. Meski mulai berumur, Keisuke Honda masih bisa diandalkan oleh timnas Jepang. Honda mencetak tujuh gol dalam 16 laga dan jadi pencetak gol terbanyak ‘Samurai Biru’ di babak kualifikasi.

Lanjutkan baca

Piala Dunia

6 Fakta Duel Argentina Vs Islandia di Piala Dunia 2018

Terbit

pada

Argentina Vs Islandia

Jurnalsepakbola.com – Timnas Argentina meladeni Islandia pada Piala Dunia 2018 di Otkritie Arena, Sabtu (16/6/2018). Sorotan partai ini tertuju kepada Lionel Messi.

Setelah rival terbesar Cristiano Ronaldo mencetak hattrick untuk membantu Portugal mengimbangi Spanyol 3-3 pada Grup B Piala Dunia 2018, banyak yang mengantisipasi Messi bakal menunjukkan penampilan cemerlang agar tidak kalah pamor.

“Saya tidak punya strategi khusus. Semua mencoba menghentikan Messi dan gagal. Dia merupakan salah satu pemain terbaik dunia,” ujar pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson, dikutip BBC.

“Kami akan menghadapinya layaknya laga lain, yakni mengandalkan kolektivitas dan bersama-sama.”

Selain ambisi Messi, berikut fakta menarik laga Grup D Piala Dunia 2018 ini:

1. Argentina hanya sekali gagal melangkah dari fase grup pada 12 penampilan terakhir di Piala Dunia. Pengecualian terjadi pada 2002.

2. Lionel Messi melakoni debut di Piala Dunia pada 16 Juni. Setelah 13 menit masuk menggantikan Maxi Rodriguez, dia melengkapi kemenangan 6-0 Argentina atas Serbia.

3. Argentina sukses menjuarai grup pada tiga edisi terakhir Piala Dunia. Mereka memenangkan laga pembuka pada enam penampilan teranyar di kompetisi itu.

4. Argentina hanya mencetak 19 gol dari 18 pertandingan kualifikasi Piala Dunia.

5. Islandia coba mengikuti jejak Slovakia (2010), debutan terakhir Piala Dunia yang sukses menembus fase gugur.

6. Dengan populasi 334 ribu orang ketika memastikan lolos, Islandia adalah negara dengan penduduk terendah yang pernah lolos Piala Dunia.

LIPUTAN6

Lanjutkan baca

Piala Dunia

Piala Dunia 2018: 6 Fakta Menarik Laga Portugal vs Spanyol, Sabtu 16 Juni 2018

Terbit

pada

Jurnalsepakbola.com – Big match terjadi di Piala Dunia 2018 antara timnas Portugal lawan Spanyol di Fischt Olympic Stadium, Sochi, Sabtu (16/6) dini hari WIB.

Timnas Portugal dan timnas Spanyol adalah favorit kuat juara grup B. Karena itu duel ini bakal berpengaruh langsung terhadap peluang kedua tim untuk menyandang status juara grup.

Berikut fakta menarik jelang duel timnas Portugal lawan Spanyol:

1. Hanya ada dua pemain Portugal yang bermain di Liga Spanyol, yaitu Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan Goncalo Guedes (Valencia).

2. Pemain tertua di timnas Spanyol adalah Pepe Reina yang saat ini berusia 35, sedangkan pemain tertua di Portugal adalah Bruno Alves yang berusia 36 tahun.

3. Sejak kalah dari Italia di Piala Eropa 2016, timnas Spanyol tak terkalahkan dalam 20 laga yang mereka mainkan dengan catatan 14 kemenangan dan 6 hasil imbang. Sementara itu setelah jadi juara Piala Eropa 2016, timnas Portugal menelan 4 kekalahan dalam 25 laga terakhir.

4. Spanyol selalu berhasil mengalahkan Portugal di dua kejuaraan resmi terakhir. Pada Piala Dunia 2010, Spanyol mengalahkan Portugal dengan skor 1-0 di babak 16 besar. Dua tahun kemudian Spanyol menang adu penalti atas Portugal di semifinal Piala Eropa 2012.

5. Spanyol dan Portugal sama-sama mengalami kekalahan telak di laga pembuka pada Piala Dunia 2014. Spanyol tumbang 1-5 di hadapan Belanda sedangkan Portugal dihancurkan Jerman 0-4.

6. Spanyol dan Portugal tidak pernah meraih kemenangan di laga awal pada dua edisi Piala Dunia terakhir. Pada Piala Dunia 2010, Spanyol kalah 0-1 dari Swiss di laga pembuka sedangkan Portugal bermain imbang lawan Pantai Gading.

CNN INDONESIA

Lanjutkan baca

Trending