Inggris, Spanyol

Pep Guardiola Tak Akan Pernah Kembali ke Barcelona, Ini Alasannya

Pep Guardiola
Pep Guardiola. (Foto: istimewa)

Jurnalsepakbola.com – Manajer Manchester City, Josep Guardiola, menegaskan bahwa dirinya tak akan pernah kembali lagi ke tim yang dulu pernah diasuhnya, Barcelona.

Diketahui, Guardiola pernah menangani Barcelona dari tahun 2008 hingga tahun 2012. Selama kurun empat tahun itu, Guardiola meraih banyak kesuksesan.

Dia sukses mempersembahkan 14 gelar juara di sejumlah ajang kompetisi. Dua di antaranya adalah gelar Liga Champions.

Saat itu, Guardiola berhasil meraih banyak gelar juara dengan bantuan sejumlah pemain hebat lulusan akademi La Masia. Sebut saja Lionel Messi, Xavi, Andres Iniesta hingga Carles Puyol.

Baca juga: Messi: Tak Ada yang Bisa Mencela Prestasi Zidane di Real Madrid

Pria yang sekarang jadi manajer Manchester City itu kemudian mengungkapkan alasannya tak mau balik ke Camp Nou — markas klub Barcelona. Dia berdalih, masanya di sana sudah berakhir. Semuanya, kata dia, juga sudah tak lagi sama seperti dulu.

“Sebagai pelatih [Barcelona], ini sudah berakhir. Saya tidak sama, atau bahkan mereka tidak melihat saya dengan cara yang sama,” katanya kepada TV3.

“Saya berada di usia yang fantastis di mana saya mengambil alih dunia,” lanjutnya.

Menurut Guardiola, saat itu bukan hanya para pemain hebat saja yang membantunya juara. Tim Blaugrana juga mendapat sokongan total dari berbagai pihak.

“Kami mengambil alih dunia dengan beberapa pemain luar biasa, seorang presiden muda (Joan Laporta), Txiki (Begiristain)… Itu adalah generasi pemain brutal dan pemain terbaik di dunia (Lionel Messi). Para pemain bintang berdiri sejajar,” ujar pelatih berusia 47 tahun itu.

Setelah menangani Barcelona, Guardiola kemudian pindah ke Jerman untuk menangani Bayern Munchen. Selama tiga tahun, ia sukses meraih tujuh gelar juara.

Baca juga: Man City Resmi Perpanjang Kontrak Pep Guardiola Hingga 2021

Berita lainnya