Indonesia

Mengenal Gerd Zeise, Calon Pengganti Bima Sakti di Timnas Indonesia U-19

Gerd Zeise
Gerd Zeise

Jurnalsepakbola.com – Kabar mengejutkan datang dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). PSSI secara resmi mengonfirmasi Bima Sakti tidak lagi menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19 pada Selasa (10/4/2018).

Keputusan itu terpaksa diambil karena Bima Sakti harus fokus bersama timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga pada ajang Asian Games 2018.

Pihak PSSI Sendiri belum memutuskan siapa yang bakal mengisi posisi Bima Sakti di Timnas U-19. Meski demikian, belakangan ini telah berhembus kabar sejumlah nama yang rencananya akan didaulat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19. Mulai dari Indra Sjafri sampai Gerd Zeise.

Nama Indra Sjafri kembali digaungkan untuk kembali menangani skuat Garuda Nusantara. Di sisi lain, ada satu nama pelatih lainnya yang patut diperhitungkan, yakni Gerd Zeise.

Pelatih asal Jerman itu dinilai mempunyai prestasi yang luar biasa. Dia berhasil membawa Timnas Myanmar U-19 lolos ke Piala Dunia U-20 pada tahun 2015 lalu. Saat ini, pelatih asal Jerman itu pun sedang berstatus bebas.

Dia tak lagi melatih timnas Myanmar, usai gagal lolos ke putaran final Piala Asia 2019. Zeise bahkan dalam beberapa hari terakhir sempat menyambangi Indonesia.

Ketika dikonfirmasi apakah kedatangannya ke Indonesia untuk melakukan penjajakan dengan PSSI, Eddy Syah selaku agen dari sang pelatih menjawabnya dengan diplomatis.

“Dia baru balik ke Yangon tadi. Dia ke sini untuk mengobrol sekaligus melihat peluang untuk melatih di Indonesia dan Malaysia,” kata Eddy, kepada Goal Indonesia.

“Tapi hingga saat ini belum ada komunikasi dengan PSSI. Kalau peluang itu (melatih timnas Indonesia U-19) memang ada, kenapa tidak? Dia sudah tahu karakter sepakbola kita,” tambahnya.

Peluang untuk PSSI menggunakan jasa Zeise cukup besar. Mengingat, beberapa waktu yang lalu, PSSI sedang menjajaki kerja sama dengan Federasi Sepakbola Jerman (DFB). Jalur ini bisa saja lebih mempermudah proses perekrutan pelatih kelahiran 6 September 1952 tersebut.

Rencananya, PSSI bakal mengumumkan dalam waktu dekat siapa yang akan melatih Indonesia U-19. Menarik ditunggu apakah PSSI bakal menghadirkan kembali Indra atau membuat keputusan menunjuk pelatih anyar.

Berita lainnya