Indonesia

Maradona dari Indonesia, Zulkarnain Lubis Meninggal Dunia

Zulkarnain Lubis
Zulkarnain Lubis

Jurnalsepakbola.com – Kabar duka datang dari pentas sepakbola Indonesia. Mantan pemain Timnas Indonesia era 1980-an, Zulkarnain Lubis, dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Pertamina Pali, Sumatera Selatan, Jumat (11/5), pada pukul 07.45 WIB.

Pria yang dijuluki sebagai Maradona dari Indonesia itu dikabarkan meninggal dunia akibat terkena serangan jantung. Zulkarnain Lubis mengembuskan napas terakhirnya pada usia 59 tahun.

PSSI selaku komite tertinggi sepak bola di Tanah Air mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Zulkarnain Lubis.

“Kita semua kehilangan seorang legenda sepakbola nasional yang punya dedikasi dan sumbangsih besar untuk sepakbola Indonesia,” ujar Head of Media Relation and Digital Promotions PSSI, Gatot Widakdo

Rencananya, jenazah suami dari anggota Komite Eksekutif PSSI Papat Yunisal ini akan dimakamkan di Bandung.

Zulkarnain lahir di Binjai, Sumatera Utara pada 21 Desember 1958. Semasa berkarier di dunia sepakbola, Zulkarnain pernah membela sejumlah klub seperti PSMS Medan (1979-80), Mercu Buana (1980-83), Yanita Utama (1983-85), Krama Yudha Tiga Berlian (1985-89), Petrokimia Putra (1989-90) dan PSM Makassar (1997).

Di level timnas, Zulkarnain berperan besar saat Indonesia lolos ke semifinal Asian Games 1986 di Seoul, Korea Selatan. Sejak saat itulah dia menjadi pujaan publik.

Kepergian Zulkarnain membuat sebagian para pemain sepakbola tanah air merasa sangat kehilangan. Di antaranya adalah striker macan kemayoran, Bambang Pamungkas (Bepe).

Inna Lillahi wa inna ilayhi raji’un, turut berduka cita yg sedalam-dalamnya atas meninggalnya salah satu pesepakbola terbaik Indonesia, Om Zulkarnain Lubis. Doa terbaik terpanjat…. #RIP,” tulis Bepe di akun Twitter @bepe20.

Zulkarnain Lubis adalah salah satu pemain yang mengantarkan Timnas Indonesia lolos semifinal Asian Games 1986 Seoul, Korsel. Keahliannya menggocek bola membuatnya dijuluki Maradona dari Indonesia.

Berita lainnya