Champion

Mantan Petinggi UEFA Ingin Liverpool Juara Liga Champions Gantikan Madrid

Mohamed salah dan Cristiano Ronaldo
Mohamed salah dan Cristiano Ronaldo

Jurnalsepakbola.com – Mantan petinggi UEFA Thomas Grimm mengungkapkan dukungannya ke Liverpool. Dia berharap The Reds bisa menjadi juara Liga Champions musim ini.

Dia beranggapan, kompetisi Liga Champions akan mati jika tim yang sama (Real Madrid) keluar lagi menjadi juara selama tiga tahun beruntun.

Pada tanggal 4 Mei lalu, UEFA dikabarkan telah melakukan kesalahan dengan menyatakan Liverpool sebagai juara Liga Champions 2017-18. Kesalahan itu dimuat di laman resmi mereka, baik yang versi Bahasa Inggris maupun Bahasa Spanyol.

‘Pengumuman juara’ Liverpool itu tentu mengundang reaksi dari banyak pihak. Pasalnya, final Liga Champions antara Real Madrid melawan Liverpool sendiri baru akan dilangsungkan di Kiev, Ukraina Sabtu (26/5/2018) mendatang.

Kali ini, mantan petinggi UEFA Thomas Grimm menuturkan bahwa pihak UEFA akan lebih senang kalau Liverpool keluar menjadi juara Liga Champions musim ini. Mantan Kepala Departemen Hukum UEFA itu menyebut bahwa akan lebih baik bagi UEFA jika juara Liga Champions berganti.

“Akan lebih cocok bagi UEFA jika Liverpool yang juara. UEFA akan lebih senang jika muncul juara baru. Sebuah kompetisi seperti Liga Champions akan mati jika tim yang sama bisa menjadi juara tiga tahun beruntun. Real Madrid memang punya banyak pemain fantastis, tapi dari perspektif kompetisi, akan lebih baik jika tim lain yang menang,” kata Grimm kepada Segodnya.

Penentuan gelar juara Liga Champions musim ini sebentar lagi akan ditentukan. Pada laga Final, Liverpool akan melawan Real Madrid di Kiev, Ukraina sekitar dua pekan lagi.

Pada laga final nanti, Real Madrid memang lebih diunggulkan ketimbang Liverpool. Namun, tidak menutup kemungkinan Liverpool akan keluar menjadi juara Liga Champions musim ini.

Menghadapi madrid, Liverpool ternyata mempunyai catatan yang bagus. Sebagaimana diketahui, pada final Liga Champions 1980-1981 Liverpool berhasil meraih gelar Liga Champions setelah mengalahkan Madrid 1-0 melalui gol Alan Kennedy pada menit ke-81.

Selain laga itu, Real Madrid dan Liverpool juga pernah melakoni empat kali pertemuan pada musim 2008-2009 dan 2014-2015.

Dan pada 2008-2009, Liverpool mendepak Real Madrid di babak 16 besar dengan keunggulan prima 5-0 (1-0, 4-0).

Berita lainnya