Indonesia

Laga Persebaya Vs MU Diwarnai Kericuhan, Tiga Suporter Diamankan

persebaya vs madura united
Salah satu suporter Persebaya yang terluka ditolong temannya. (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)

Pertandingan Piala Presiden Grup C antara Persebaya melawan Madura United (MU) di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (28/1/2018), diwarnai kericuhan. Para pendukung tim yang tidak memiliki tiket mencoba memaksa masuk stadion, namun polisi menghalaunya.

Para suporter yang jumlahnya ribuan ini kemudian marah dan melalukan aksi pelemparan batu ke petugas. Akibatnya, satu anggota kepolisian terluka dan 3 suporter diamankan.

“Tiga suporter diamankan karena melempari petugas,” ujar Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan kepada detikcom.

Melihat situasi tersebut, petugas yang membawa tameng itu mundur dan berlindung dengan tameng. Namun lemparan batu tetap mengenai petugas. Hingga salah satu petugas mengalami luka dan terkilir. Dan banyak juga suporter yang dirawat tim medis di lokasi karena mengalami luka-luka.

Laga Persebaya vs madura United diwarnai kerusuhan. 3 suporter diamankan. (Foto: Istimewa)

Laga Persebaya vs madura United diwarnai kerusuhan. 3 suporter diamankan. (Foto: Istimewa)

Kisruh tersebut terjadi di luar stadion. Polisi bahkan sempat menembakkan gas air mata untuk mengurai kerumunan suporter yang mendorong petugas kepolisian.

Seorang suporter, Yudsitira, mengaku melihat animo bonek sangat luar biasa. Padahal kapasitas stadion sudah besar.

“Memang animo bonek terlalu tinggi, padahal stadion sudah besar,” kata Yudistira.

Sementara itu, Ketua Panpel Piala Presiden 2018 Grup C Surabaya, Wisnu Sakti Buana mengaku telah menambah pengamanan dalam laga ini. Ini dilakukan untuk mengantisipasi bonek yang ingin masuk tanpa tiket. Apalagi saat laga berlangsung, kondisi Stadion Gelora Bung Tomo yang memiliki kapasitas 55 ribu penonton tersebut sudah penuh.

“Pengamanan sengaja kita tambah dibandingkan dua laga sebelumnya yang 2.000-an. Personel kita tambah menjandi 3.000 karena animo suporter yang begitu antuasias dalam laga ini,” ujarnya.

Berita lainnya