Indonesia

4 Fakta Menarik Milan Petrovic, Sang Pelatih Baru Arema FC

Milan Petrovic
Milan Petrovic

Jurnalsepakbola.com – Pihak manajemen Arema FC akhirnya resmi mengikat kerja sama dengan Milan Petrovic. Pria asal Slovenia ini ditugaskan sebagai asisten pelatih mendampingi pelatih Joko Susilo yang akan melakukan kursus lisensi kepelatihan AFC Pro.

Kabar kedatangan pelatih baru di kubu Arema FC memang santer terdengar beberapa hari belakangan. Hal ini tak lain karena pelatih Joko Susilo diperkirakan bakal sering absen karena mesti mengikuti kursus kepelatihan lisensi AFC Pro.

“Berhubungan dengan padatnya jadwal Liga 1 dan Piala Indonesia, jauh-jauh hari kami persiapkan siapa yang akan menangani Arema,” ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, kepada BolaSport.com.

Sebelum Milan Petrovic diperkenalkan, sederet nama pelatih asing juga tertarik menukangi tim berjulukan Singo Edan ini. Mulai dari Paolo Camargo, Gomes de Oliveira, hingga mantan pemain Arema FC Esteban Guillen. Namun Ruddy selaku Manager Arema FC lebih memilih Milan Petrovic untuk dampingi Joko Susilo. Dia berharap pelatih yang baru ini bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Namun di balik itu semua, sosok Petrovic sendiri rupanya menyimpan sederet fakta yang cukup mengejutkan selama kiprahnya di dunia sepakbola.

Berikut 4 fakta mencengangkan soal Petrovic, pelatih anyar Arema FC pengganti Joko Susilo.

1. Jadi Pelatih Sejak 1996

Asisten pelatih baru Arema FC ini ternyata mempunyai catatan karier kepelatihan yang cukup panjang di ranah sepakbola Slovenia. Ia memulai pekerjaannya sebagai pelatih sejak tahun 1996 silam. Klub pertama yang ia tukangi adalah Studio D, Novo mesto, yang kala itu berkiprah di liga divisi 1 Slovenia. Ia tak hanya menjadi pelatih kepala di klub tersebut, namun juga di klub bernama Elan.

2. Penggawa Klub Serbia dan Slovenia

Milan Petrovic ternyata dulu adalah seorang pemain sepakbola Galenika Zemun, klub Serbia pertama yang ia bela pada tahun 1985 hingga 1987, sebelum akhirnya memilih hengkang ke Novi Pazar. Petorvic pun akhirnya bergabung dengan klub asal Slovenia, Olimpija, pada 1988 hingga 1991. Klub terakhir yang ia bela adalan Studio D, Novo Mesto.

3. Lisensi UEFA Pro

Sebagai pelatih, Milan Petrovic telah meraih lisensi UEFA Pro. Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu pertimbangan yang diperhatikan oleh Arema sebelum memutuskan untuk memilihnya. Lisensi UEFA Pro sendiri merupakan sertifikat kepelatihan yang dimandatkan oleh UEFA sebagai badan resmi sepakbola Eropa. Dengan begitu, diharapkan mungkin Arema akan mampu mencapai tingkat penampilan setara klub Eropa.

4. Besut Timnas Slovenia U-19

Milan Petrovic rupanya pernah menjabat sebagai manajer tim di Timnas Slovenia U-20 dan beberapa kali menjabat sebagai head coach di tim kontestan Liga Utama Slovenia. Hal ini menjadi bukti bahwa Arema FC tak mau tanggung-tanggung dalam mem-branding tim dalam kompetisi musim ini. Pos asisten pelatih kini bertambah menjadi enam orang dalam staf kepelatihan yang dipimpin Joko Susilo.

Berita lainnya