track hits

Timnas Arab Saudi Dikritik karena Tak Ikut Heningkan Cipta untuk Insiden London Bridge

arab vs australia

JURNALSEPAKBOLA.COM – Tim nasional (timnas) Arab Saudi mendapat kritikan dan sorotan karena tak ikut serta dalam menit-menit mengheningkan cipta di laga melawan Australia. Apa tanggapan Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF)?

Perisitwa itu terjadi saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 lawan Australia di Adelaide Oval, Kamis (8/6/2017). Para pemain Arab Saudi tampak tidak mengikuti upacara mengheningkan cipta yang dilangsungkan sesaat sebelum kick-off.

Mengheningkan cipta yang berlangsung selama semenit itu dilakukan sebagai bentuk simpati dan duka untuk korban serangan teror di London Bridge beberapa waktu lalu. Serangan itu menewaskan dua perempuan Australia bernama Sara Zelenak dan Kirsty Boden.

Sementara para pemain Australian berdiri di lingkarang tengah lapangan sembari berangkulan untuk mengheningkan cipta, para pemain Arab Saudi memilih melanjutkan pemanasan. Alhasil kejadian ini mendapatkan sorotan, Arab Saudi dinilai tak menunjukkan rasa hormat dan simpati.

Pada prosesnya diketahui bahwa timnas Arab Saudi tak ikut mengheningkan cipta karena bukan kebiasaan dan tak sesuai dengan budaya mereka. Sebagai negara yang mayoritas menganut Islam Wahabi, timnas Arab justru akan mendapatkan cemoohan dan ejekan jika ikut mengheningkan cipta.

Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) pun menyatakan permohonan maafnya atas kejadian tersebut. Mereka mengungkapkan bahwa tidak ada maksud khusus dari anggota timnas untuk melecehkan upacara tersebut.

“Federasi Sepakbola Arab Saudi sangat menyesalkan dan secara terbuka meminta maaf atas apapun pelecehan yang timbul dari kegagalan sejumlah anggota perwakilan tim Kerajaan Arab Saudi, untuk secara resmi melakukan satu menit mengheningkan cipta demi mengenang korban serangan teroris di London pada 3 Juni 2017, sebelum laga Kualifikasi Piala Dunia melawan Australia di Adelaide,” ungkap pernyataan resmi SAFF.

“Para pemain tidak bermaksud untuk tidak menghormati kenangan-kenangan akan para korban atau menimbulkan kekecewaan untuk para keluarga, teman, atau mereka yang terpengaruh oleh kekejian tersebut.”

“Federasi Sepakbola Arab Saudi mengutuk semua tindak terorisme dan ekstremisme dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga para korban dan kepada pemerintah dan rakyat Inggris,” demikian seperti dikutip Soccerway.

Pertandingannya sendiri dimenangi Australia dengan skor 3-2, setelah Arab Saudi sempat dua kali menyamakan kedudukan.