track hits

[Seteru Honda-Ducati] Honda: Ducati Bohong Soal Regulasi Larangan Sayap Depan MotoGP

Jurnalsepakbola.com – Wakil presiden Honda Racing Corporation (HRC), Shuhei Nakamoto, menuding pihak Ducati berbohong soal regulasi larangan sayap depan di MotoGP mulai musim 2017. Nakamoto mengklaim justru Ducati yang menyebabkan sayap depan dilarang musim depan.

Dalam konferensi pers jelang GP Republik Ceko, 21 Agustus lalu, pelatih klub Ducati Gigi Dall’Igna menuding ada gerakan dari klub-klub pabrikan lainnya supaya sayap depan tidak dipakai di MotoGP mulai musim depan.

Dall’Igna mengatakan ‘alasan keselamatan’ untuk melarang penggunaan sayap depan adalah alasan yang tidak masuk akal. Ducati yang telah menggunakan sayap depan sejak 2015, dikatakan Dall’Igna tidak pernah membahayakan pebalap dari klub lain.

Honda adalah salah satu klub yang gencar menolak penggunaan sayap depan. Pebalap Marc Marquez sempat mengatakan penggunaan sayap depan bisa membahayakan pebalap lainnya.

Dikutip dari Motorsport.com, Nakamoto mengatakan keputusan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) melarang sayap depan justru dikarenakan Ducati tidak ingin bekerja sama dengan klub pabrikan lainnya untuk Mengganti tampilan sayap depan supaya menjadi lebih aman.

“Kesannya penggunaan sayap depan dilarang sebab Honda menentangnya, dan itu tidak benar. Sayap depan tidak dipakai mulai musim 2017 murni sebab kesalahan Ducati,” ujar Nakamoto kepada Sport Rider.

“Ducati mengatakan tidak untuk semua pilihan. Semua pabrikan klub asal Jepang setuju untuk melakukan kolaborasi mencari tampilan yang lebih aman, Aprilia juga menghormatinya. Ducati tidak ingin berdiskusi, mereka hanya ingin sayap depan mereka.”

Nakamoto juga membantah pernyataan Dall’Igna yang mengklaim pelarangan sayap depan akan membuat masa depan pengembangan motor terganggu.

“Tidak benar kalau larangan ini mengganggu pengembangan sepeda motor. Apakah Anda menyaksikan ada motor Ducati di jalanan menggunakan sayap depan?” ucap Nakamoto. (ptr)