track hits

Riedl: Skuat Indonesia akan Mengubah Sejarah

ridl

Jurnalsepakbola.com – Pelatih timnas Garuda Indonesia, Alfred Riedl optimis anak-anak asuhnya akan mampu mengungguli Thailand dan menyabet gelar juara Piala AFF 2016. Alfred menilai, gelar juara bagi tim Merah Putih sudah di depan mata.

Riedl mengungkapkan, para pemainnya bakal habis-habisan untuk bisa menumbangkan Thailand di rumah sendiri. “Sejarah akan berubah. Saya akan mencoba meyakinkan untuk memenangkan gelar juara ini di Thailand,” kata dia, saat konfrensi pers pralaga di Bangkok, Kamis (16/12).

Pelatih kelahiran Wina, Austria itu nampaknya sangat yakin, optimisme serupa juga ada dalam diri para pemainnya. Apalagi gelaran Piala AFF tahun ini, dijadikan momentum kebangkitan sepak bola Indonesia usai mati suri akibat sanksi larangan tampil dari FIFA setahun lewat.

Selain itu, sejak Piala AFF digelar pada 1996 silam, skuat Garuda belum pernah mengangkat trofi di podium utama meski tercatat empat kali masuk final.

Bagi Riedl pun, dua periode melatih pasukan Merah Putih pada 2010/2011 dan 2013/2014, juga belum pernah memberikan prestasi bergengsi bagi kesebelasan Indonesia.

“Besok akan menjadi pertandingan yang sangat penting bagi kami. Dan, kami harus menang,” tegas dia.

Baca: [Final Leg Dua Piala AFF] Prediksi Indonesia vs Thailand oleh Mantan Bek Timnas

Thailand akan menjamu Indonesia pada leg kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12). Pada leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12), pasukan Merah Putih berhasil menang 2-1 atas Thailand.

Bagi Thailand, beradu di babak puncak melawan Indonesia, bukan sekali ini. Sudah dua kali kedua kesebelasan saling beradu di babak final, yaitu pada Piala AFF 2002 dan 2002. Tapi, Indonesia tak pernah berhasil mengalahkan Thailand.

Riedl melanjutkan, melawan skuat pelatih Kiatisuk Senamuang memang bukan laga mudah. Akan tetapi, kemenangan dua gol saat laga kandang, menjadi modal kuat bagi kesebelasannya bisa kembali meraih hasil positif.