track hits

Menghitung Peluang Tim Garuda Muda Lolos ke Semifinal SEA Games 2017

Indonesia berpeluang lolos ke semifinal setelah berhasil menahan imbang tim Vietnam dalam laga keempat sepakbola SEA Games 2017. Namun kemenangan atas Kamboja di pertandingan terakhir tidak bisa menjamin tim Garuda lolos. Bagaimana hitungannya?

Indonesia akhirnya berhasil meraih satu poin di pertandinga kontra Vietnam, meskipun dengan susah payah. Bermain di Stadion Selayang, Malaysia, Selasa (22/8/2017) malam WIB, tim asuhan Luis Milla menyudahi laga dengan skor 0-0 setelah harus bermain dengan 10 orang.

Dengan hasil imbang tersebut, Indonesia kini menempati posisi tiga Grup B dengan perolehan 8 poin (selisih gol +4). Puncak klasemen masih dipegang Vietnam (poin 10, +11), sementara Thailand berada di posisi kedua (poin 10, +6).

Foto: Istimewa

Tim Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja di laga terakhir. Dan di waktu yang bersamaan Thailand dan Vietnam akan saling beradu.

Meskipun masih bisa dibilang sulit, namun skenario tersebut sedikit menguntungkan Indonesia.

Pasalnya, Thailand dan Vietnam tidak akan memilih untuk bermain aman di pertandingan terakhir. Meskipun keduanya berada di dua posisi teratas dan memiliki peluang besar lolos ke semifinal, namun resiko disalip Indonesia masih bisa terjadi.

Seandainya Vietnam vs Thailand berakhir dengan imbang, poin yang mereka raih adalah 11 poin dan selisih gol yang sama seperti sekarang. Thailand dalam posisi terancam disalip Indonesia sebab selisih gol yang lebih sedikit.

Seandainya Vietnam vs Thailand sama-sama kuat, Indonesia setidaknya harus menang 3-0 atas Kamboja. Tentu ini bukan tugas mudah, namun peluangnya terbuka lebar kalau melihat hasil yang diraih Kamboja sejauh ini.

Dari tiga laga yang sudah dimainkan, Kamboja tiga kali kalah, mencetak satu gol dan kemasukan sembilan kali. Itu artinya Kamboja rata-rata kemasukan tiga gol per pertandingan.

Kalau Vietnam menang, dipastikan tim ini akan menjadi juara Grup B dengan poin 13. Indonesia hanya butuh menang 1-0 atas Kamboja untuk jadi runner up grup.

Dan jika Thailand yang menang, tim ini juga dipastikan akan jadi juara grup dengan poin 13. Sekali lagi, Indonesia cuma butuh kemenangan 1-0 atas Kamboja untuk lolos sebagai runner up.

Skenario Indonesia Lolos ke Semifinal

Jika Vietnam vs Thailand imbang, Indonesia wajib menang dengan selisih tiga gol atau lebih.

Jika Vietnam menang, Indonesia wajib menang dengan skor berapapun.

Jika Thailand menang, Indonesia wajib menang dengan sekor berapapun.

Indonesia akan lolos sebagai juara grup jika menang lebih dari 8 gol atas kamboja dan pada pertandingan lain Vietnam dan Thailand berakhir sama kuat.

 

close