track hits

Mantan Pesaing Rio Haryanto Tolak Posisi Pebalap Cadangan

Jakarta, Jurnalsepakbola.com – Mantan pesaing Rio Haryanto ketika memperebutkan kursi balap Manor Racing, Alexander Rossi, tidak akan menerima tawaran pebalap cadangan di Formula One (F1) 2017.

Rossi dikalahkan Rio dalam perebutan kursi balap Manor Racing pada awal musim 2016. Pebalap asal Amerika Serikat itu kemudian memperoleh posisi pebalap cadangan Manor. Mengisi kekosongan jadwal, Rossi kemudian memperkuat klub Andretti Autosport di ajang IndyCar 2016.

Rossi sempat mendapat kesempatan memperkuat Manor di paruh musim ketika Rio didepak dari kursi pebalap utama. tetapi, pebalap 25 tahun itu menolak kesempatan yang datang demi menghormati kontraknya dengan Andretti Autosport.

Manor kemudian memilih Esteban Ocon sebagai pengganti Rio. Dan untuk musim depan, Rossi memastikan dirinya tidak akan menerima tawaran pebalap cadangan di ajang F1.

“Saya tidak akan melanjutkan posisi di F1 sebagai pebalap cadangan di 2017. Ketika Rio Haryanto kehilangan posisinya, saya mendapat tawaran dan menolaknya sebab saya pikir itu tidak layak dilakukan untuk Andretti Autosport,” ujar Rossi kepada NBC Motorsports.

Rossi yang memperkuat Manor di lima seri F1 2015 tidak menutup sepenuhnya peluang kembali ke ajang Jet Darat tersebut. Rossi mengatakan masih ingin tampil di F1 jika tawarannya tepat.

“Saya menginvestasikan seluruh karier saya di F1 dan saya ingin tetap tampil di F1, tapi hanya dengan tawaran yang tepat. Di IndyCar saya diterima dengan cukup baik, sesuatu yang menjadi pertimbangan utama saya dalam beberapa bulan terakhir,” ucap Rossi.

Manor sendiri hingga sekarang belum menentukan duet pebalap yang akan menduduki kursi utama musim depan. Keberadaan Pascal Wehrlein dan Ocon, yang adalah pebalap didikan Mercedes, di Manor masih menjadi tanda tanya.