track hits

Laga Penentuan Lawan Vietnam, Siapa yang Bisa Gantikan Posisi Evan Dimas?

Evan Dimas

Tim nasional Indonesia akan menjalani laga penentuan di Grup B SEA Games 2017 Kuala Lumpur melawan Vietnam di Stadion MP Selayang, Malaysia, Selasa (22/8) malam. Namun timnas U-22 harus menjalaninya tanpa kehadiran Evan Dimas Darmono. Akumulasi kartu kuning membuatnya harus absen.

Siapa kira-kira pengganti Evan Dimas? Menyaksikan uji coba tim arahan Luis Milla selama persiapan menuju SEA Games, sebenarnya ada beberapa nama yang bisa dipasang di posisi gelandang. Ada satu nama yang memiliki tipikal permainan mirip Evan, yakni Gian Zola. Namun Gian sendiri sudah tak di tim. Akhirnya, tandem Evan Hargianto pun dipaksakan untuk dimainkan, meski kondisinya belum 100 persen.

Kehadiran Hargianto untuk menutup gap, saat Asnawi Mangkualam dimainkan, karena sejatinya dia adalah pemain bertipikal destroyer, tak bisa bermain lebih sabar seperti saat Evan-Hargianto diduetkan.

Tanpa Playmaker, sosok Osvaldo Haay, dan Septain David sejatinya bisa dicoba, sebab secara tipikal, keduanya pemain tersebut terkenal ulet, dan mampu menempatkan dirinya sebagai pemain yang men-servis pemain lain untuk mencetak gol.

Setidaknya, dalam laga nanti ada opsi memasang Hargianto-Hanif Sjahbandi- Septian David. Tapi, berisiko karena Vietnam memiliki pemain cepat dan gelandang yang bakal turun adalah Hargian-Hanif bisa keteteran.

Caranya, mengeplot perubahan dengan menempatkan satu gelandang jangkar yang tak perlu naik harus dilakukan. Untuk menyerang, sisi flank bisa dimaksimalkan sehingga tak terlalu berisiko saat lawan melakukan serangan balik.

Opsi paling jelek di lini tengah adalah menempatkan Asnawi dan Hanif bersamaan. Selain kurang cepat, permainan keras kedua pemain itu berpotensi memberikan hukuman ke Indonesia di depan area penalti karena keduanya mudah melakukan pelanggaran.

 

close