track hits

Jakarta Rusun Festival 2017, Anak-anak Rusun Akan Diterbangkan ke Spanyol

Jurnalsepakbola.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bekerja sama dengan Yayasan Cahaya Kasih Tunas Bangsa (YCKTB) menggelar Jakarta Rusun Festival 2017.

Festival tersebut diperuntukkan bagi para penghuni 23 rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Jakarta.

Festival tahunan yang sudah menginjak tahun ketiga ini ini akan memberikan hadiah bagi pemenang turnamen sepakbola ke Klub Sepakbola Valencia, Spanyol.

Sekretaris Umum PB Indonesia Muda (IM), Chiko Hakim menuturkan, pihaknya turut ambil bagian di tahun ini dengan menyumbangkan pelatih.

“Salah satu tujuannya untuk meningkatkan indeks kebahagiaan warga yang tinggal di rumah susun,” kata Chiko di Kantor Dinas Perumahan dan Gedung Pemda (DPGP) DKI, Jatibaru, Tanahabang, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2017).

Dengan adanya festival tersebut, Chiko berharap para penghuni rusun tidak lagi beranggapan bahwa dirinya hanya sekedar direlokasi. Tapi juga berpindah pola pikir, gaya hidup, dari kurang harapan, jadi banyak harapan.

“Nantinya, kami juga akan memberikan coaching clinic untuk anak-anak rusun. Per rusun 10 anak,” katanya.

Sementara itu, dari pihak YCKTB, David Wiranata, mengatakan bagi pemenang turnament sepakbola, akan diterbangkan ke Spanyol.

“Satu tim termasuk pelatih dan manajer yang menang akan diberangkatkan ke Klub Sepakbola Valencia, Spanyol,” tegasnya.

Selain itu, juga akan menyaksikan langsung pertandingan Laliga Valencia, serta meet and great.

“Yang istimewa lagi, nanti dibukanya kesempatan anak-anak rusun menyaksikan tournament basket dan skateboard tingkat nasional. Hal ini bertujuan untuk merangsang minat dan bakat mereka,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPGP DKI Jakarya, Arifin, mengatakan bahwa pada festival tahun ini akan menambah tiga kegiatan baru.

“Sebelumnya, hanya ada tiga kegiatan, yaitu sepakbola, menari, dan menggambar. Tahun ini ditambah dengan kegiatan, skateboard, basket, dan memasak,” katanya.

Untuk sepakbola akan digelar coaching clinic di minggu ketiga bulan Maret di masing-masing rusun.

Kemudian bola basket, dengan kegiatan menonton final pada 1-2 April di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

“Untuk skateboard kami akan ajak anak-anak rusun menonton turnamen skateboard nasional di RPTRA Kali Jodo, 26 Maret nanti,” katanya.

Sedangkan untuk memasak pada 14 Maret nanti.