track hits

Dua Momen Dramatis Final AFF: Kurnia Meiga Gagalkan Tendangan Penalti dan Abduh Lestaluhu Nendang Bola ke Bench Thailand

Tendangan bola Abduh Lestaluhu ke bench Thailand

Abduh Lestaluhu menjadi perbincangan di media sosial dalam laga leg kedua final Piala AFF 2016, Sabtu (17/12/2016) di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand.

Di menit-menit akhir pertandingan, Abduh diganjar kartu merah. Abduh terpancing emosinya karena ofisial Thailand mencoba mengulur waktu dengan mememegang bola lebih lama saat Indonesia mendapat jatah melakukan lemparan kedalam.

Abduh yang emosi sesaat setelah itu menendang bola ke arah bench pemain sehingga wasit Mohamed Abdullah Hasan memberinya kartu merah.

Gaya Abduh membentangkan tangan jadi bahan perbincangan di sosial media

Gaya Abduh membentangkan tangan jadi bahan perbincangan di sosial media

Usai pertandingan, Abduh pun memberikan penjelasan terkait tindakannya tersebut, setelah sebelumnya pelatih Alfred Riedl membeberkan pada sesi jumpa pers bahwa insiden tersebut berawal dari ulah tim tuan rumah.

“Soal insiden tadi, kami sedang mengejar gol, saat bola out saya ingin ambil tapi pemain di bench Thailand malah ngulur, mainin bola dan lempar ke belakang lagi,” buka Abduh kepada Goal Indonesia, selepas laga.

“Saat itu saya langsung balik ke belakang dan bilang ke wasit bahwa ini tidak fair play. Ketika saya dapat itu bola saya pun emosi karena kami sedang tertinggal,” bebernya menambahkan.

Para suporter Timnas Indonesia di media sosial mulai berkomentar. Abduh Lestaluhu menjadi trendic topic setelah pertandingan berakhir dan Timnas Indonesia dipastikan kembali menyandang sebagai runner-up untuk kelima kalinya.

Kurnia Meiga block tendangan penalty

Momen lain yang tidak kalah ramai diperbincangkan adalah saat Kurnia Meiga berhasil menggagalkan tendangan penalti Teerasil Dangda di menit ke-80.

Thailand mendapatkan tendangan tersebut setelah Kurnia Meiga menjatuhkan Siroch Chattong di dalam kotak terlarang. Kurnia Meiga terpaksa melakukan hal tersebut setelah Siroch melewati pemain belakang dan tinggal berhadapan dengan dia.

Sebuah ganjalan yang sangat berani dari Meiga yang membuat lawan terjatuh.

Wasit menunjuk titik putih akibat pelanggaran tersebut. Dan untungnya regulasi baru untuk kiper dari FIFA sudah diterapkan. Regulasi baru tersebut adalah bilamana kiper menjadi pemain terakhir meskipun menjatuhkan lawan maka cukup kartu kuning, bukan merah.

Teerasil Dangda menjadi eksekutor dalam tendangan penalti ini untuk perbanyak jumlah golnya. Namun si top skorer Piala AFF ini justru gagal. Bola diarahkan ke tengah dan mendatar dan mampu dihajar Kurnia Meiga. Bola pun melambung ke atas dan hanay menghasilkan sepakan pojok.

Kisah manis timnas Indonesia sepanjang turnamen pun harus berakhir dengan kegagalan menjadi juara Asia Tenggara, setelah Thailand mengunci titel kelima mereka dengan agregat 3-2.