track hits

Dari Cabang Wushu SEA Games 2017, Lindswell dan Felda Sukses Rebut Medali Emas

Pewushu andalan Indonesia, Lindswell Kwok dan Felda Elvira Santoso sukses meraih medali emas di SEA Games 2017. Lindswell mencetak poin tertinggi 9,68 dari nomor taijijian putri. Sementara Felda memperoleh nilai 9,67 di nomor Daoshu putrid.

Adapun medali perak di nomor Taijijian ini direbut atlet Filipina, Agatha Chrystenzen dengan perolehan nilai 9,65 poin. Sedangkan medali perunggu menjadi milik atlet wushu Malaysia, Yee Jo Audreychan, dengan nilai 9,64.

Bagi Lindswell, ini adalah kesuksesan kali ketiganya dalam meerebut medali emas di ajang SEA Games. Sebelumnya Lindswell juga berhasil meraih emas untuk Indonesia dalam SEA Games 2013 dan 2015.

Lindswell memang menjadi salah satu atlet yang diandalkan untuk menyumbang emas pada SEA Games 2017 dan ternyata harapan tersebut mampu dijawab sempurna oleh atlet kelahiran 24 September 1991 tersebut.

Ini merupakan emas kedua dari cabang wushu. Sebelumnya, medali emas disumbangkan Felda Elvira Santoso yang turun di nomor daoshu putri. Felda memastikan emas setelah memimpin perolehan nilai 9,67 di nomor Daoshu putri, mengungguli atlet rekan senegaranya Monica Pransisca Sugianto yang mendapat perak dengan total nilai 9,66, dan perunggu jatuh ke atlet Singapura Wei Ting Zoe Mui dengan 9,64. “Saya sangat senang dan bangga bisa mendapat emas di sini,” kata Felda yang tampak sumringah ketika diwawancarai wartawan seusai dia bertanding. “Ini SEA Games pertama saya, saya sangat senang tentunya,” tambahnya.

Baca juga:

Ketika ditanya tentang persaingan dalam pertandingan di nomor Daoshu itu, Felda mengatakan bahla lawan cukup kuat terutama atlet Vietnam, Thie Phuong Giang Hoang. “Lawan bagus terutama yang dari Vietnam itu,” kata atlet kelahiran Surabaya itu.

Disinggung tentang ke depan apa yang akan dilakukan setelah mampu merebut medali emas di SEA Games ini, Felda mengatakan akan ikut kejuaraan dunia. “Saya akan ke kejuaraan dunia di Rusia bulan depan,” ucapnya.

Manajer Wushu, Herman Wijaya, mengatakan itu suatu kejutan Felda mampu merebut emas. “Ini kejutan, dia atlet baru yang baru pertamakali ikut SEA Games,” ujar manajer wushu itu.

Sementara itu, atlet wushu Indonesia lainnya, Achmad Hulaefi juga mempersembahkan medali perak dari nomor Daoshu putra. Hulaefi meraih total poin 9,67 dan tertinggal tipis dari atlet Singapura Si Wei Jowen Lim yang meraih emas dengan mengemas 9,68, sedang atlet tuan rumah Malaysia memperoleh perunggu dengan 9,65. “Jujur saya tidak puas dengan hasil perak ini,” kata Hulaefi. “Ini kan target saya golok dan toya, ternyata target saya meleset,” tambahnya.

Sedangkan pewushu Muhammad Daffa Golden Boy, hanya mampu meraih medali perunggu. Muhammad Daffa yang mengumpulkan total 9,63 pada nomor Qiangshu putra itu harus mengakui keperkasaan dua atlet tuan rumah Malaysia Wai Kin Yeap yang meraih emas dengan total 9,68 disusul Weng Son Wong yang mendapat perak dengan 9,65.

 

close