track hits

Bertanding dengan 10 Pemain, Indonesia Imbangi Vietnam 0-0

Jurnalsepakbola.com – Indonesia dipaksa bermain dengan 10 pemain dalam laga kontra Vietnam di pertandingan keempat SEA Games 2017. Terus ditekan sejak menit awal, tim arahan Luis Milla mampu memaksa laga imbang dengan skor akhir 0-0.

Pertandingan yang digelar di Stadion Selayang, Malaysia, Selasa (22/8/2017) malam WIB tersebut memang cukup menegangkan. Dan melelahkan. Indonesia terus mendapat tekanan dari kubu Vietnam sepanjang laga. Aksi-aksi gemilang sang penjaga gawang, Satria Tama, mampu mematahkan serangan tim Vietnam.

Di babak kedua Indonesia, tepatnya di menit ke-64, Hanif Sjahbandi harus keluar lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua. Di saat yang hampir bersamaan, Satria Tama pun mesti keluar karena mengalami cedera.

Kedudukan Satria Tama diganti Kurniawan Kartika Ajie. Kurniawan yang belum benar-benar fit setelah pertandingan melawan Timor Leste mampu bermain apik. Ia berhasil mementahkan peluang emas Vietnam di penghujung laga hingga akhirnya skor tetap imbang 0-0.

Dengan hasil imbang tersebut, Indonesia berada di posisi ketiga dengan perolehan 8 poin. Sementara Vietnam masih tak tergoyahkan di posisi puncak dengan 10 poin, unggul selisih gol dari Thailand yang juga meraih 10 poin.

Jalannya Pertandingan Indonesia vs Vietnam

Peluit tanda pertandingan dimulai berbunyi. Vietnam langsung mengambil inisiatif serangan dengan menggempur lewat sisi kiri pertahanan Indonesia. Kesempatan pertama dari tim berjulukan Bintang Emas datang di menit ketiga.

Nguyen Phong Hong Duy berhasil melewati Rezaldi Hehanusa untuk kemudian melepaskan umpan silang mendatar ke jantung pertahanan Indonesia. Beruntung, barisan pertahanan Garuda Muda bisa menyapu bola.

Vietnama terus menekan Indonesia sampai menit ke-14. Mereka pun kembali menciptakan peluang lewat sepakan mendatar Phong Hong Duy dari luar kotak penalti. Namun, tendangan dari pemain bernomor punggung 12 itu masih sedikit melebar di sisi kiri gawang Indonesia.

Indonesia baru bisa melepaskan tembakan ke pertahanan Vietnam di menit ke-17. Febri Hariyadi, yang melakukan penetrasi dari sisi kanan ke sisi tengah melepaskan tembakan spekulasi, namun bola hasil tendangannya masih melambung tinggi di atas gawang.

Di menit ke-26, Satria Tama bermain sangat gemilang di bawah gawang Indonesia. Kiper 20 tahun itu berhasil mementahkan sontekan Ho Tuan Tai dan tembakan jarak jauh dari Phong Hong Duy.

Peluang emas didapat Indonesia pada menit ke-30. Yabes Roni, yang menyisir bola dari sisi kanan mengirim umpan pendek ke Ezra Walian yang kemudian dilanjutkan ke Septian David Maulan. Pemain nomor punggun 29 itu pun melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun bola hasil tendangannya masih bisa ditepis Phi Minh Long.

Empat menit jelang turun minum, Indonesia kembali memberi ancaman ke pertahanan Vietnam. Ezra melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti lawan untuk melepaskan umpan silang mendatar. Namun, usaha itu tak membuahkan gol lantaran lawan lebih cepat menyapu bola. Hingga babak pertama usai skor 0-0 tak berubah.

Di babak kedua, Vietnam masih mendominasi permainan. Namun, mereka kerap kesulitan masuk ke dalam kotak penalti lawan lantaran Indonesia menumpuk pemain di kotak penalti.

Vietnam kembali nyaris merobek gawang Indonesia setelah Nguyen Cong Phuong berhasil menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti Garuda Muda. Pemain nomor 10 itupun langsung melepaskan tembakan keras ke tiang dekat. Namun, Satria Tama masih tangguh menjaga gawangnya.

Di menit ke-64 Indonesia mengalami kerugian. Hanif harus menerima kartu kuning kedua setelah melepaskan pukulan ke wajah pemain Vietnam. Tak lama berselang, Satria Tama yang bermain gemilang harus ditarik keluar lantaran cedera. Kartika Ajie, yang belum fit setelah cedera melawan Timor Leste terpaksa dimainkan.

Unggul jumlah pemain membuat Vietnam semakin di atas angin. Mereka bahkan sempat merobek jala gawang Indonesia sebanyak dua kali di menit ke-71. Namun, gol tersebut dianulir lantaran Phong Hong Duy dan Tuan Tai lebih dulu berada di posisi offside.

Lima menit sebelum laga usai, Vietnam berulang kali mengancam pertahanan Indonesia dengan melepaskan umpan-umpan panjang ke kotak penalti. Namun, berulang kali upaya dari tim besutan Nguyen Huu Thang bisa dikandaskan pemain Indonesia.

Di masa injury time menit pertama, Vietnam mendapat peluang emas. Tuan Tai yang lolos dari posisi offside berhasil melepaskan tembakan persis di depan Kartika Ajie. Namun, bola hasil sepakan sang pemain masih bisa dimentahkan kiper Indonesia. Hingga laga usai 0-0 tak berubah.

Susunan Pemain

Vietnam: Phi Minh Long; Hoang Van Khanh, Bui Tien Dung, Vu Van Thanh, Doan Van Hau; Luong Xuan Truong, Do Duy Manh (Nguyen Tuan Anh 62′), Nguyen Phong Hong Duy (Nguyen Quang Hai 75′), Nguyen Van Toan, Ho Tuan Tai, Nguyen Cong Phuong.

Indonesia: Satria Tama; Putu Gede, Andy Setyo, Hansamu Yama, Rezaldi Hehanusa; Hanif Sjahbandi, Hargianto, Febri Hariyadi, Yabes Roni, Septian David Maulan (Asnawi Mangkualam 83′), Ezra Walian (Marinus Wanewar 53′).

close